Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  SMP Katolik Ambon

Pembukaan Tahun Ajaran Baru Tahun Baru SMP Katolik Ambon diawali Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru kelas VII pada hari Selasa, 21 Juli 2020, Pukul 08.00-11.00 WIT dengan jumlah peserta didik 126 orang. Pembukaan MPLS ini dihadiri oleh RD. Agustinus Arbol, S.S selaku Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina, RD. Zakarias S. Ohoiledwarin, S.Fils selaku Kepala Sekolah SMP Katolik Ambon, Ny. Desje Lattu, M.Pd selaku Pegawas Sekolah SMP Katolik Ambon, Dewan Guru dan Staf SMP Katolik Ambon serta diwakili 2 peserta didik. Pembukaan Masa Penggenalan Lingkungan Sekolah ini dibuka secara resmi dan  langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena pemberian materi MPLS berbasis daring. Penggenalan Lingkungan Sekolah bertujuan  agar peserta didik dapat beradaptasi dengan warga sekolah dengan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan mewujudkan karakter kristiani.

Tema Masa Pengenalan Sekolah Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu “ Generasi Milenial Unggul dan Kreatif Ditengah Pandemik Covid-19 ”. Tujuan secara umum yang disampaikan secara langsung oleh Ibu Juliana Suyanti, S.Pd selaku Ketua Panitia Penerimaan Peserta didik Baru, menjelaskan secara mendalam mengenai MPLS saat ini dengan bentuk upaya sekolah untuk dapat memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru yang nantinya menjadi bagian dari warga SMP Katolik Ambon dan  MPLS membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan sekolah sehingga akan mencapai prestasi akademik yang lebih baik dengan daya saing dengan sekolah-sekolah yang lain yang berada di Kota Ambon khususnya. Masa Penggenalan Lingkungan Sekolah diharapkan juga mampu memberikan motivasi, semangat dan cara belajar efektif serta menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, disiplin, hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini juga dinilai dapat memberikan kesan hangat dan mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menurut Ny. Desje Lattu, M.Pd selaku pengawas SMP Katolik Ambon, yang dituturkan secara langsung melalui sambutannya bahwa wujud dari sebuah masa untuk peserta didik dapat mengenal lingkungan sekolah serta topangan dari Ketua yayasan, Kepala sekolah, pengawas serta Bapak/Ibu Guru sehingga tujuan dari MPLS dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar dari Peserta didik. Sejalan dengan isi sambutan yang disampaiakn oleh RD Agustinus Arbol, S.S selaku Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina, dikaitkan dengan nilai karakter Peserta didik karena sangat menunjang prestasi akademik suatu lembaga. Pembelajaran tahun ajaran ini berbeda dimana kita belajar melalui layar-layar laptop dan handphone walaupun kita belajar melalui layar-layar laptop namun kita sangat bersyukur bahwa Tuhan masih memberikan nafas kehidupan kepada kita semua. Kita harus mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dan warga sekolah dengan menampilkan perilaku yang baik serta mewujudkan karakter kristiani yang dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas. Selaku pimpinan sekolah SMP Katolik Ambon mengucapkan terima kasih kepada Panitia PPDB, Ibu Ketua Panitia beserta staf jajarannya atas kerja keras kurang lebih beberapa bulan dengan berbagai upaya yang sudah boleh dilaksanakan guna untuk mensukseskan MPLS tahun ajaran 2020/2021 sehingga peserta didik secara resmi bergabung sebagai warga SMP Katolik Ambon. Adapun harapan yang ingin diwujudkan secara bersama-sama dengan berpedoman pada tema MPLS tahun ini juga disampaikan secara langsung oleh Kepala Sekolah SMP Katolik Ambon, RD. Zakarias S. Ohoiledwarin, S.Fils yaitu peserta didik dapat bersosialisasi dengan baik walaupun  dengan kondisi pandemik namun sangat diharapkan dapat mengenal Bapak/Ibu Guru secara baik sehingga kita saling mengenal antara warga SMP Katolik Ambon sekaligus selamat bergabung menjadi warga SMP Katolik Ambon.